• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 316 ) Feb 18, 2022

BRIN Ikuti Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik 2022


Jakarta - Humas BRIN, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) siap mengikuti Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik yang digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) tahun 2022.

 

Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa mengungkapkan bahwa pemerintah menyadari laporan atau pengaduan pelayanan publik merupakan amunisi dalam pelaksanaan tugas pemerintahan. Karenanya, pemerintah menggelar kompetisi ini untuk memotivasi penyelenggara pelayanan publik dalam membangun pengelolaan pengaduan pelayanan publik yang terintegrasi, partisipatif, dan dimanfaatkan untuk perbaikan berkelanjutan.

 

“Kompetisi ini untuk mendorong pengelolaan pengaduan yang ideal, sekaligus memberikan penghargaan kepada instansi yang telah mengelola pengaduan dengan baik,” ujar Diah dalam Peluncuran Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik ke-4, secara hibrida di Jakarta, Kamis (17/02).

 

Selama tiga kali penyelenggaraan kompetisi sebelumnya, Diah melihat kemajuan yang signifikan dari pelaksanaan pengelolaan pengaduan pelayanan publik oleh instansi pemerintah dan unit pengelola pelayanan pengaduan. Kemajuan yang signifikan terlihat dalam peningkatan kinerja dalam pengelolaan pengaduan pelayanan publik yang up to date, baik dalam hal tingkat partisipasi masyarakat, kualitas pengelolaan, maupun tingkat inisiatif seluruh instansi dalam mendorong pelaksanaan pengelolaan pengaduan.

 

Sebagai informasi pada tahun 2021, BRIN melalui WASCOVE (Waspada COVID-19 Lembaga Biologi Molekuler Eijkman) yang merupakan Inovasi Pelayanan Publik dalam rangka melaksanakan 3T ( testing – tracing – treatment) dan pengendalian penyakit COVID-19, masuk menjadi salah satu dari 15 Finalis Top Inovasi Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2021 kategori replikasi.

 

Setelah melalui proses presentasi dan wawancara serta verifikasi dan observasi lapangan secara online,  WASCOVE juga dinyatakan dan berhak meraih predikat Top 5 Inovasi Pelayanan Publik Terpuji.

 

Di tahun 2022, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) terus berinovasi untuk melahirkan pelayanan publik yang dinamis sesuai dengan kebutuhan masyarakat dengan tetap menciptakan ekosistem riset dan inovasi yang kolaboratif dan bermanfaat bagi semua pihak, baik akademisi, industri, komunitas maupun pemerintah.