• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 74 ) Jul 27, 2024

BRIN Dukung Program Kampus Merdeka


Pontianak – Humas BRIN. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Kawasan Pontianak menghadiri kegiatan Workshop Pemutakhiran Kurikulum Program Studi Bioteknologi yang berlangsung di Aula Kibagus Hadi Kusumo lantai 7 Institut Teknologi Kesehatan (ITEKES) Muhammadiyah Kalimantan Barat. Workshop ini merupakan bagian dari upaya institusi untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan tinggi serta mendukung Program Kampus Merdeka, Senin (22-23).


Workshop ini dibuka oleh Rektor ITEKES Muhammadiyah Kalimantan Barat, diwakili oleh Wakil Rektor 1 Suprihadi, S.Kp., MHS., Ph.D yang menyampaikan pentingnya pemutakhiran kurikulum dalam menghadapi tantangan yang semakin berkembang pesat. Prodi Bioteknologi ITEKES memiliki visi “Menjadi program studi Bioteknologi yang unggul di bidang kesehatan berbasis sumber daya alam hayati tropis berdasarkan Al-Islam,” terangnya.


Suprihadi mengatakan kurikulum yang relevan dan sesuai dengan perkembangan zaman sangat penting untuk mencetak lulusan yang kompeten dan siap bersaing di dunia kerja, ujar Suprihadi dalam sambutannya.


Hadir dalam kegiatan Pelaksana Fungsi Humas BRIN Kawasan Pontianak, Miswari, menyampaikan bahwa kerja sama antara lembaga pendidikan dan lembaga riset sangat penting untuk menciptakan ekosistem penelitian yang kuat.


“Melalui kolaborasi ini, kami berharap dapat mendorong mahasiswa untuk lebih terlibat dalam kegiatan penelitian dan inovasi, serta mendukung Program Kampus Merdeka yang memberikan kebebasan belajar bagi mahasiswa,” jelasnya.


Lebih lanjut Miswari menyampaikan masukan beberapa periset yang ada di BRIN Kawasan Pontianak yang dapat dijadikan bahan rujukan mata kuliah Bioteknologi antara lain Bahan baku obat dan makanan, Microbiologi, Tanaman Pangan, Agroindustri, pungkasnya.


Workshop yang berlangsung selama dua hari ini diisi dengan berbagai materi dan sesi diskusi. Pada hari pertama, para peserta yang terdiri dari dosen, mahasiswa, dan praktisi industri diajak untuk memahami tren terbaru di bidang bioteknologi. Beberapa topik yang dibahas meliputi bioteknologi medis, bioteknologi lingkungan, dan aplikasi bioteknologi dalam industri pangan. (msr)