• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 461 ) Jun 23, 2022

BRIN Dukung Perencanaan Pembangunan Daerah dengan Data dan Pelatihan Pemanfaatan Data Citra Penginderaan Jauh


Parepare, Humas BRIN – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sebagai lembaga riset pemerintah di Indonesia saat ini menaungi berbagai macam bidang riset. Salah satunya adalah penerbangan dan antariksa melalui organisasi riset penerbangan dan antariksa (OR PA).


BRIN sebagai lembaga bertugas menyediakan data citra penginderaan jauh untuk memenuhi kebutuhan kementerian, lembaga, pemerintah daerah, dan swasta. BRIN juga memberikan layanan berupa pelatihan teknis untuk pemanfaatan data citra penginderaan jauh. Berkaitan dengan hal tersebut, BRIN melalui Stasiun Bumi Penginderaan Jauh (SBPJ) Parepare menerima kunjungan Badan Perencana Daerah (BAPEDA) Kabupaten Majene.


Hadir dalam kesempatan tersebut, Perencana Ahli Pertama BAPEDA Majene, Idham S.E. menjelaskan bahwa kunjungan kali ini bertujuan untuk melaksanakan koordinasi terkait pelatihan teknis pemanfaatan data citra penginderaan jauh.


“Lewat pelatihan ini diharapkan kami dapat memanfaatkan data citra penginderaan jauh sebagai data spasial yang merupakan salah satu instrumen Dokumen Perencanaan Anggaran Pemerintah Kabupaten Majene tahun anggaran 2022-2023”, terang Idham.


Idham menjelaskan bahwa data spasial ini merupakan amanat Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 27 Tahun 2021 yang mensyaratkan penyediaan data spasial untuk penyusunan anggaran yang lebih akurat dan terperinci.


“Hal tersebut bertujuan agar penggunaan anggaran pembangunan dapat menjelaskan secara detail dimana koordinat lokasi pelaksanaan anggaran nantinya, baik itu puskesmas, jalan ataupun lainnya. Adapun jenis peta tematik yang kami butuhkan untuk hal tersebut adalah peta tematik Kesehatan (Puskesmas), Jalan, dan Ruang Terbuka Hijau,” lanjut Idham.


Menanggapi hal tersebut Koordinator Pelaksana Fungsi SPBJ Parepare, Dr. Sarip Hidayat SPi., M.T. menyambut baik hal tersebut.


“Sesuai permintaan berarti yang dibutuhkan adalah Data Satelit Resolusi Tinggi dan Sangat Tinggi, sesuai prosedur kami bantu arahkan untuk mengajukan surat permohonan pada Pusat Data dan Informasi (PUSDATIN). Sedangkan untuk bimbingan teknis akan dibantu dengan Biro SDM dengan pelaksana teknis dari tim balai,” jelas Sarip.


Tidak hanya memberikan layanan data citra satelit penginderaan jauh, BRIN juga memberikan layanan bimbingan teknis untuk pemanfaatan citra satelit penginderaan jauh. (yus/ed: akb)