• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 124 ) Jul 12, 2024

BRIN dan TÜV Rheinland Gelar Workshop ISO 14064 untuk Mitigasi Perubahan Iklim


Tangerang Selatan - Humas BRIN Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Pusat Riset Sistem Produksi Berkelanjutan dan Penilaian Daur Hidup (PR SPBDPDH) bekerjasama dengan TÜV Rheinland Indonesia menyelenggarakan workshop ISO 14064 Part 1, Part 2 dan Part 3 pada tanggal 2 dan 3 Juli 2024 bertempat di Gedung B.J. Habibie BRIN Jakarta.

Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang standar perhitungan Gas Rumah Kaca (GRK) dan mendukung kerjasama riset dalam mitigasi perubahan iklim.

Perubahan iklim merupakan salah satu tantangan terbesar yang dihadapi dunia saat ini. Dampaknya tidak hanya memengaruhi ketersediaan sumber daya alam tetapi juga kesejahteraan manusia secara keseluruhan. Konsentrasi GRK yang meningkat akibat aktivitas manusia memiliki pengaruh signifikan terhadap perekonomian global, sehingga tindakan mitigasi yang segera dan efektif sangat diperlukan.

“Melalui kerjasama ini, kedua belah pihak diharapkan mendapatkan pengetahuan mendalam tentang inisiatif mitigasi GRK yang bergantung pada kuantifikasi, pemantauan, pelaporan dan verifikasi emisi dan/atau serapan GRK,” ujar Kepala PR SPBDPDH, Nugroho Adi Sasongko.

ISO 14064 merupakan standar internasional yang dikembangkan oleh The International Organization for Standardization (ISO) untuk membantu organisasi dalam mengelola emisi GRK. Standar ini terdiri dari tiga bagian, yaitu:

1. ISO 14064-1: Menjelaskan tentang spesifikasi dengan panduan di tingkat organisasi untuk kuantifikasi dan pelaporan emisi dan pembuangan GRK.

2. ISO 14064-2: Merinci prinsip dan persyaratan untuk menentukan garis dasar, serta memantau, menghitung, dan melaporkan emisi proyek.

3. ISO 14064-3: Merinci persyaratan untuk memverifikasi pernyataan GRK terkait inventarisasi GRK, proyek GRK, dan jejak karbon produk.

Workshop ini diikuti oleh 40 peserta dari berbagai instansi, termasuk perguruan tinggi, industri, dan lembaga pemerintah. Pada hari pertama pelatihan, peserta diajak untuk memahami teori dari ISO 14064 Part 1, 2, dan 3. Sedangkan pada hari kedua, fokus beralih ke implementasi dan contoh-contoh praktis.

Melalui workshop ini diharapkan dapat meningkatkan integritas lingkungan dalam penghitungan GRK, meningkatkan kredibilitas, konsistensi dan transparansi kuantifikasi, pemantauan, pelaporan, verifikasi dan validasi GRK, memfasilitasi pengembangan dan implementasi strategi dan rencana pengelolaan GRK, memfasilitasi pengembangan dan implementasi aksi mitigasi melalui pengurangan atau peningkatan serapan emisi dan memfasilitasi kemampuan untuk melacak kinerja dan kemajuan dalam pengurangan emisi GRK dan/atau peningkatan serapan GRK. (ar, prspbpdh/ft.prspbpdh/ed.ark,sj)