• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 118 ) Mar 18, 2024

BRIN dan PT Niramas Utama Jalin Kerjasama Menuju Industri Berkelanjutan


Bekasi - Humas BRIN. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Pusat Riset Sistem Produksi Berkelanjutan dan Penilaian Daur Hidup (PR SPBPDH) menjalin kerjasama dengan PT Niramas Utama (INACO) dalam rangka mewujudkan industri berkelanjutan.

Kerjasama ini diwujudkan melalui Focus Group Discussion (FGD) yang membahas rancangan kerja, sistem pelaksanaan, dan praktik implementasi Sustainability Industry. FGD ini dihadiri oleh 17 peserta dari BRIN dan PT INACO.

Kepala Pusat PR SPBPDH BRIN, Nugroho, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan riset PR SPBPDH berfokus pada Traceable and Measurable Sustainability. "Kegiatan riset kami berfokus kepada Mengkuantifikasi Keberlanjutan, Terukur dan dapat ditelusuri," jelas Nugroho.

Nugroho menambahkan bahwa dari 12 Kelompok Riset di PR SPB & PDH, "Kegiatan Riset Ekosistem Industri Berbasis Rekayasa Hijau dan Sistem Manufaktur Cerdas dan Berkelanjutan - merupakan lingkup kelompok keris yang sesuai untuk kerjasama riset dengan PT. INACO."

Human Capital Director PT INACO, Adhi S. Lukman, menyambut baik kerjasama ini. "PT Niramas Utama saat ini menuju ke arah modernisasi dalam pembangunan pabrik - pabrik yang ada di daerah dengan monitoring sumber daya energi untuk menjaga kualitas produk dan menuju industri yang berkelanjutan," ungkap Adhi.

PT INACO saat ini sudah menggunakan sistem Go Live, sistem manajemen informasi produksi dan monitoring energi di pabrik pusatnya di Bekasi. Sistem ini membantu INACO dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi, optimalisasi proses bisnis, pengembangan kompetensi sumber daya manusia, serta pemenuhan tanggung jawab perusahaan terhadap penghematan energi dan pengurangan emisi karbon.

Adhi S. Lukman juga mengemukakan lima values yang menjadi ciri khas PT INACO, yaitu Initiative, Never give up, Aware, Costumer Oriented, dan Optimist. "Pesan untuk mahasiswa jika ingin membuat usaha harus punya brand, agar kita diketahui konsumen, karena konsumen kita tidak hanya satu orang melainkan satu Indonesia bahkan seluruh dunia," ungkap Adhi.

Kerjasama antara BRIN dan PT INACO ini diharapkan dapat menghasilkan solusi dan inovasi untuk mewujudkan industri yang berkelanjutan di Indonesia. (prspbpdh/edt.aj,sj)