• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 178 ) Feb 7, 2024

BRIN dan KIET Perkuat Kerjasama dalam Riset Ekonomi Sirkular


Jakarta - Humas BRIN. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), melalui Pusat Riset Sistem Produksi Berkelanjutan dan Penilaian Daur Hidup (PR SPB PDH), serta Organisasi Riset Energi dan Manufaktur (OREM), menggelar rapat koordinasi dengan Korea Institute for Industrial Economics and Trade (KIET) di Langham Hotel pada  Jumat (02/02). Perwakilan dari berbagai kelompok riset membahas implementasi Memorandum of Understanding (MoU) yang telah ditandatangani pada 22 November 2023 di Korea Selatan, dengan fokus pada "Kerja Sama Riset Ekonomi Sirkular di Bidang Energi dan Manufaktur."


Rapat ini bertujuan untuk memajukan diskusi terkait penilaian produk berkelanjutan, eco-design, keberlanjutan industri berbasis polimer, standar dan pelaporan keberlanjutan, serta rantai pasokan sumber daya dan ketertelusuran. Topik utama yang dibahas mencakup riset biodegradable plastics dan secondary battery.


Nugroho Adi Sasongko, Kepala PR SPB PDH, menyoroti pentingnya kolaborasi ini. "Kerjasama riset kami terkait biodegradable plastics sejalan dengan inisiatif PBB untuk mengurangi polusi plastik global melalui proses penyusunan Global Plastics Treaty yang sedang berlangsung," ungkap Nugroho.


Kerjasama riset terkait secondary battery bertujuan meningkatkan efisiensi produksi, mengatasi laporan kerugian sebesar 25% pada produksi secondary battery di Indonesia. Nugroho menekankan bahwa kolaborasi ini akan melibatkan kegiatan peningkatan kapasitas seperti workshop, pelatihan, dan kunjungan perusahaan untuk mencapai hasil optimal.


Diskusi juga mencakup formalisasi proyek yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 dan pembahasan Project Concept Paper untuk kerjasama bilateral lima tahun mendatang. BRIN dan KIET dijadwalkan menandatangani Perjanjian Kerja Sama pada akhir Februari 2024, dengan tema "Ekonomi Sirkular Di Bidang Sistem Produksi Berkelanjutan Dan Penilaian Daur Hidup," sesuai dengan MoU yang telah ditandatangani sebelumnya. Pantau terus untuk informasi lebih lanjut tentang kolaborasi ini yang memiliki dampak positif. (vz,go/edt.aj,sj)