• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 188 ) May 31, 2023

BRIN bersama Universitas Tanjungpura Lakukan Monitoring dan Evaluasi MBKM


Pontianak-Humas BRIN. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Kawasan Pontianak, menerima kunjungan tim monitoring dan evaluasi penilai Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) magang Dr. Touvan Juni Samodra, M.Pd dan Tjen Veronica, S.E., M.TCSOL dari Universitas Tanjungpura Pontianak.


Monitoring dan evaluasi penilai MBKM magang ini diselenggarakan di aula Equator dengan tujuan untuk memantau dan mengevaluasi kemajuan serta pencapaian mahasiswa dalam menjalani program MBKM magang di institusi BRIN.


BRIN yang diwakilkan oleh pelaksana fungsi humas Miswari dan penanggung jawab magang (PIC) Angga Yolanda Putra menerima kedatangan tim dengan baik dan memberikan akses serta dukungan yang diperlukan pada kegiatan monitoring dan evaluasi ini.


Pelaksana fungsi humas Miswari menyampaikan perkembangan mahasiswa secara garis besar selama melakukan MBKM magang di BRIN Kawasan Pontianak antara lain pengenalan peralatan antariksa dan atmosfer, cara pengoperasian dan penggunan Teleskop Sky Rover, Mounting Ioptron Cube Pro dimulai dengan melakukan pengaturan dan kalibrasi peralatan teleskop untuk pengamatan Hilal, gerhana matahari serta kulminasi matahari, tuturnya.


“Peserta juga dikenalkan dengan aplikasi Stellarium untuk melihat simulasi benda langit Antariksa. Juga belajar pengolahan data antariksa peralatan Canadian Advenced Digital Ionosonde dengan menggunakan program phyton dan membuat artikel penelitian yang merupakan tujuan tugas akhir masing-masing mahasiswa. Selain tugas-tugas yang telah diberikan para mahasiswa MBKM magang juga dilibatkankan pada kegiatan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas),” pungkasnya.


Dalam kegiatan ini, anggota tim monitoring dan evaluasi Universitas Tanjungpura, Tauvan mengucapkan terima kasih kepada pihak BRIN yang telah memberikan masukan kepada pihaknya untuk melakukan serangkaian kegiatan wawancara dengan mahasiswa dan mentor. Serta mengumpulkan informasi terperinci tentang BRIN dan kinerja dan perkembangan mahasiswa dalam melaksanakan tugas magang yang telah ditetapkan, ujarnya.


Tauvan berharap pihak BRIN dapat memberikan umpan balik dan rekomendasi yang berguna untuk mahasiswa dalam mengoptimalkan manfaat dari pengalaman magang mereka. Selain itu hasil dari kegiatan monitoring dan evaluasi ini akan digunakan sebagai bahan evaluasi bagi MBKM FKIP program Pendidikan Bahasa Indonesia dan Pendidikan Fisika Universitas Tanjungpura dalam meningkatkan program magang ke depannya, pungkasnya. (msr)