• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 217 ) Jun 16, 2023

BRIN Berikan Edukasi Sains Antariksa kepada Pelajar SMP Negeri 1 Sungai Pinyuh


Pontianak – Humas BRIN. Edukasi sains antariksa dan atmosfer menjadi salah satu bagian tugas Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Kawasan Pontianak. Terkait hal tersebut BRIN membuka kesempatan kepada instansi maupun masyarakat umum untuk memperoleh edukasi, seperti yang diberikan untuk siswa-siswi SMP Negeri 1 Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah pada Rabu (14/06).


Pelaksana Fungsi Humas BRIN Pontianak, Miswari memberikan penjelasan terkait struktur organisasi BRIN, tugas dan beberapa inovasi yang telah dihasilkan seperti Satelit, Roket, Pesawat N219. Ia juga menjelaskan terkait fasilitas peralatan sains antariksa yang ada di BRIN Pontianak.


Dalam kesempatan yang sama Pranata Komputer Ahli Pertama BRIN Pontianak, Prita Ayuningtias menyampaikan materi mengenai Sains Antariksa dan Atmosfer. Prita mengatakan Antariksa merupakan segala sesuatu yang berada diluar atmosfer bumi. Tata surya terdiri dari berbagai objek luar angkasa antara lain planet, asteroid, meteorid, komet, dll. Ada delapan planet yang saat ini terikat dengan gaya gravitasi matahari yaitu merkurius, venus, bumi, mars, jupiter, saturnus, uranus dan neptunus. Sementara itu juga terdapat planet – planet kerdil seperti pluto dan ceres.


Sedangkan Atmosfer merupakan lapisan udara yang menyelimuti bumi. Atmosfer bumi terdiri dari lima lapisan yaitu Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Termosfer (Ionosfer), dan Eksosfer. Manfaat dari atmosfer antara lain Pelindung dari jatuhnya benda–benda angkasa, Pelindung dari paparan ultraviolet, Pengatur proses penerimaan panas sinar matahari, pungkasnya.


Selanjutnya untuk kegiatan dilapangan disampaikan cara pengoperasian peralatan antariksa dan atmosfer mereka dapat mengetahui secara detail kegiatan riset yang ada di BRIN Pontianak.


Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Sungai Pinyuh, Jumarni mengucapkan terima kasih atas kesempatan untuk dapat menerima siswa-siswi kami di BRIN Pontianak. Adapun maksud dan tujuan kunjungan dalam upaya menambah wawasan bagi peserta didik serta memberikan pembelajaran dan pemahaman yang lebih mendalam tentang sains antariksa dan atmosfer. (msr)