• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 328 ) Jun 8, 2023

BRIN Berikan Edukasi Sains Antariksa kepada Pelajar Muhammadiyah


Pontianak – Humas BRIN. Edukasi sains antariksa dan atmosfer menjadi salah satu bagian tugas Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Terkait hal tersebut BRIN membuka kesempatan kepada instansi maupun masyarakat umum untuk memperoleh edukasi, seperti yang diberikan untuk siswa-siswi SMA Muhammadiyah 1 Pontianak pada Senin (05/06).


Sebanyak 24 siswa dan 3 guru yang terlibat dalam Ekstra Kurikuler Karya Ilmiah Remaja SMA Muhammadiyah 1 Pontianak melakukan kunjungan edukasi pada BRIN Kawasan Pontianak. Hadir dalam kegiatan tersebut pelaksana fungsi humas Miswari menerangkan sejarah, tugas BRIN dan beberapa capaian oleh Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa seperti Satelit, Roket, Pesawat N219 serta fasilitas peralatan sains antariksa yang ada di BRIN Pontianak.


“Selanjutnya untuk kegiatan dilapangan akan disampaikan cara pengoperasian dan penggunan Teleskop Sky Rover, Mounting Ioptron Cube Pro dimulai dengan melakukan pengaturan dan kalibrasi peralatan teleskop untuk Pengamatan Hilal, Gerhana Matahari Serta Kulminasi Matahari”, lanjutnya.


Dalam kesempatan tersebut, Iskandar Bakri, Perekaya Ahli Muda turut menyampaikan materi mengenai Sains Antariksa dan Atmosfer. Ia mengatakan dimana antariksa adalah bagian alam semesta yang berada di luar atmosfer bumi. Bisa dikatakan antariksa atau angkasa luar adalah bagian bumi yang relatif kosong sedangkan lapisan atmosfer adalah lapisan gas yang menyelimuti suatu planet, termasuk bumi yang berfungsi sebagai pelindung dari jatuhnya benda–benda angkasa, pelindung dari paparan ultraviolet, pengatur proses penerimaan panas sinar matahari, terangnya.


“Atmosfer mengelilingi bumi dan menahan udara yang dihirup. Melindungi makhluk hidup dari radiasi ultraviolet (UV) berbahaya yang berasal dari Matahari. Menyerap panas dan menjaga planet tetap hangat. Mencegah perbedaan suhu yang ekstrem antara siang dan malam,” ujar Iskandar.


Di sisi lain, koordinator kegiatan ekstra kurikuler Karya Ilmiah Remaja SMA Muhammadiyah 1 Pontianak, Evi Tri Prihatini mengucapkan terima kasih atas kesempatan untuk dapat menerima siswa-siswinya di BRIN Pontianak. Ia menyebut maksud dan tujuan kunjungan dalam upaya memberikan pembelajaran dan pemahaman yang lebih mendalam tentang sains antariksa dan atmosfer.


“Kami berharap suatu saat siswa-siswi kami juga dapat mengikuti kegiatan yang dilakukan BRIN Pontianak seperti pengamatan hilal, kulminasi matahari serta event-event yang terkait dengan dunia astronomi,” pungkas Evi.


Salah satu siswa, Gio Febriansyah mengungkapkan ketertarikannya agar kegiatan serupa dapat berlanjut karena akan sangat membantu siswa untuk mengembangkan ketertarikan akan pengetahuan Sains Antariksa dan Atmosfer. (msr)