• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 97 ) Mar 9, 2024

BRIN Berikan Edukasi Sains Antariksa dan Atmosfer pada Siswa SD


Pontianak - Humas BRIN.  Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Kawasan Pontianak menggelar kegiatan edukasi bagi siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 19 Pontianak Utara dengan tema Sains Antariksa dan Atmosfer pada (05/03). Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang sains, serta memperkenalkan mereka pada konsep-konsep mengenai alam semesta dan atmosfer bumi.


Kegiatan yang berlangsung di ruang Aula Equator BRIN Kawasan Pontianak yang dihadiri 140 siswa dan 5 guru pendamping dari berbagai tingkatan kelas. Mereka antusias menyimak materi yang disampaikan oleh pemateri.


Pelaksana fungsi Humas BRIN, Miswari, dalam paparannya menjelaskan secara rinci profil BRIN serta peranannya dalam memajukan riset dan inovasi di Indonesia. Ia juga menyoroti pentingnya pengembangan ilmu pengetahuan dalam mendukung kemajuan bangsa.


Menurut Miswari, tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk menginspirasi generasi muda agar memiliki minat yang tinggi terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. "Kami berharap melalui kegiatan ini, siswa-siswa dapat merasa terdorong untuk menjadi ilmuwan, peneliti, atau inovator masa depan yang akan membawa perubahan positif bagi bangsa dan negara," ujar Miswari.


Pemateri kedua Wahyu Damayanti, peneliti dari Pusat Riset Bahasa dan Arkeologi, menyampaikan materi tentang penggunaan bahasa yang benar. Damayanti menekankan pentingnya penggunaan bahasa yang tepat dan baku dalam berkomunikasi, baik lisan maupun tulisan. Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan kejelasan dalam berkomunikasi sehari-hari.


Mewakili Kepala Sekolah SDN 19 Pontianak Utara, Sri Wahyuni, S.Pd dalam sambutannya, menyambut baik kegiatan edukasi ini. Ia menyampaikan apresiasinya atas upaya BRIN dalam memberikan wawasan baru kepada siswa. Dengan adanya kegiatan semacam ini, diharapkan siswa dapat lebih bersemangat dalam mengeksplorasi ilmu pengetahuan dan menciptakan inovasi untuk masa depan, ujarnya. (msr)