• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 269 ) Jun 1, 2023

BRIN Beri Pemahaman IPTEK bagi Mahasiswa IISIP Yapis Biak


Biak – Humas BRIN, Kawasan Stasiun Lapangan Stasiun Bumi Biak menerima kunjungan 50 mahasiswa dan 1 dosen pedamping dari Insititut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Yapis Biak, Program Studi Administrasi Publik. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka kegiatan praktek mata kuliah Wawasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, (31/05)

 

Pelaksana Fungsi Layanan Humas Biak Marthina A. Pattinasarany dalam paparannya menjelaskan tentang bergabungnya 5 (lima) instansi yaitu Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menjadi BRIN sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2021, dan pada tanggal 28 April 2023 BRIN genap berusia 2 (dua) tahun.



 

Selama 2 tahun BRIN telah menghasilkan berbagai macam inovasi baik di bidang riset maupun manajemen inovasinya. BRIN telah bertranformasi untuk terus melakukan perbaikan di berbagai aspek dan lini organisasi melalui penyesuaian tugas dan fungsi. Mulai dari pengembangan sistem IT, peningkatan kualitas SDM, hingga pembangunan infrastruktur riset terbuka dan terintegrasi telah dilakukan BRIN untuk kualitas riset dan inovasi di Indonesia.

 

Disampaikan juga bahwa KSL Stasiun Bumi Biak berada di bawah Direktorat Pengelolaan Laboratorum Fasilitas Riset, dan Kawasan Sains TeknologiDeputi Bidang Infrastruktur Riset dan Inovasi. Kegiatan yang ada di KSL Stasiun Bumi Biak, antara lain melaksanakan akuisisi Data Telemetry Satelit LAPAN A2 dan satelit LAPAN A3, melaksanakan operasional akuisisi data antariksa dan atmosfer, dan juga fasilitas peralatan stasiun bumi yang digunakan.

 

Sementara itu pada kesempatan yang sama Dosen Pendamping IISIP Yapis Jetty Jetje Polii menjelaskan bahwa mahasiswa sangat perlu belajar diluar kampus untuk menambah wawasan yang dapat memberikan inspirasi dalam mengembangkan wawasan ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi serta bentuk aplikasinya baik pada mahasiswa itu sendiri maupun dunia pendidikan dan masyarakat. Jetty juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada BRIN sekaligus mengharapkan kedepannya ada kerja sama untuk menunjang matakuliah tersebut.

 

Kegiatan ini ditutup dengan mengunjungi langsung ke fasilitas KSL Stasiun Bumi Biak. Para peserta diajak untuk melihat langsung aktivitas pada ruang tracking dan antenna room. (ma/edt.sj)