• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 102 ) May 16, 2024

BRIN Beri Pemahaman IPTEK Bagi Mahasiswa IISIP Yapis Biak


Biak - Humas BRIN. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Kawasan Stasiun Lapangan Stasiun Bumi Biak menerima kunjungan 56 mahasiswa dan 2 dosen pendamping dari Insititut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Yapis Biak, Program Studi Administrasi Publik. Kunjungan ini dalam rangka kegiatan praktek mata kuliah Wawasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) BRIN Biak, Marthina A. Pattinasarany, menyambut baik kunjungan ini. Ia menjelaskan bahwa BRIN merupakan Lembaga Pemerintah yang dibentuk melalui Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2021 dengan menggabungkan 5 entitas, yaitu LAPAN, LIPI, BPPT, BATAN, dan Kementerian dan Lembaga Riset. BRIN bertanggung jawab langsung kepada Presiden dan memiliki tujuan untuk mewujudkan cita-cita Indonesia menjadi negara maju 2045 dan menjadikan Indonesia sebagai rujukan dunia dalam pengembangan IPTEK.

Selama 3 tahun, BRIN telah menghasilkan berbagai macam inovasi di bidang riset dan manajemen inovasinya. BRIN terus melakukan perbaikan di berbagai aspek dan lini organisasi, termasuk pengembangan sistem IT, peningkatan kualitas SDM, dan pembangunan infrastruktur riset terbuka dan terintegrasi.

KSL Stasiun Bumi Biak di bawah Direktorat Pengelolaan Laboratorium Fasilitas Riset dan Kawasan Sains Teknologi, Deputi Bidang Infrastruktur Riset dan Inovasi. Kegiatan utama di KSL Stasiun Bumi Biak meliputi akuisisi Data Telemetry Satelit LAPAN A2 dan satelit LAPAN A3, operasional akuisisi data antariksa dan atmosfer, serta pengelolaan fasilitas peralatan stasiun bumi.

Mahasiswa antusias dengan kunjungan ini dan banyak yang mengajukan pertanyaan tentang BRIN, fasilitas di stasiun bumi, fungsi dan kegunaan satelit LAPAN A2 dan LAPAN A3, serta cara kerjanya. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dijawab oleh Wellem Obed Sineri, Janne Anna Christa Wejai, dan Yohanes Rumbewas, selaku periset pada KSL Stasiun Bumi Biak.

Jetty Jetje Polii, selaku dosen pendamping sekaligus dosen pengampuh mata kuliah Wawasan IPTEK, menyampaikan terima kasih kepada BRIN dan berharap kedepannya ada kerja sama untuk menunjang mata kuliah tersebut. Kegiatan diakhiri dengan kunjungan langsung ke fasilitas KSL Stasiun Bumi Biak, di mana para peserta diajak melihat langsung aktivitas di ruang tracking dan antenna room.

Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada mahasiswa tentang BRIN, peran pentingnya dalam pengembangan IPTEK di Indonesia, dan bagaimana BRIN berkontribusi untuk mewujudkan cita-cita Indonesia menjadi negara maju 2045. (mp/edt.sj)