• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 237 ) Jun 13, 2024

BRIN Beri Pemahaman Fasilitas Data Center dan Jaringan Informasi kepada Mahasiswa


Tangerang Selatan - Humas BRIN. Periset dari Unit Jaringan Informasi dan Komunikasi (JIK) - Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) BRIN, Irsyad dan Malik, memberikan pemaparan yang komprehensif mengenai berbagai aspek penting dari Fasilitas Data Center (DC) dan Jaringan Informasi dan Komunikasi (JIK) di hadapan 80 mahasiswa Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Indraprasta PGRI. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Auditorium Gedung Pusat Informasi KST BJ Habibie pada Kamis (13/6).


Irsyad menjelaskan secara gamblang mengenai site DC JIK-Pusdatin, yang berfungsi sebagai pusat data. Ia juga memaparkan berbagai sistem yang ada di DC, termasuk sistem penyimpanan data, pengolahan data, serta infrastruktur jaringan yang mendukung operasional pusat data.


"Para mahasiswa diberikan wawasan mengenai teknologi jaringan yang digunakan, serta bagaimana jaringan tersebut memastikan ketersediaan dan keandalan sistem informasi yang ada," ujar Malik.


Kegiatan ini tidak hanya memberikan pengetahuan teoritis, tetapi juga memberikan gambaran praktis mengenai bagaimana teknologi informasi dan komunikasi diterapkan dalam skala besar di institusi riset nasional.

Fauzan Natsir, perwakilan dari Program Studi Teknik Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Indraprastra PGRI, menyampaikan rasa terima kasih atas kesempatan yang diberikan BRIN untuk melakukan kunjungan industri.


"Kunjungan industri ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa teknik informatika, sehingga nantinya akan menjadi acuan belajar dan juga untuk meningkatkan kualitas mutu lulusan kami yang bisa diterima di dunia industri," tuturnya.


Kunjungan industri ini diharapkan dapat menjadi sarana edukasi bagi para mahasiswa untuk memahami pentingnya infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi dalam mendukung kegiatan riset dan inovasi. (ark/ft.ar/ed.sj)