• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 645 ) Mar 11, 2022

Belajar Video Kreatif Berbasis Power Point


Jakarta – Humas BRIN, Dalam membuat video kita tidak selamanya dituntut untuk menggunakan software editing khusus contohnya seperti Sony Vegas, Adobe Premiere, After Effect dan masih banyak aplikasi edit video PC lainnya. Selain itu belum tentu semua PC atau laptop sudah tersedia software tersebut, ujung-ujungnya kita harus install software terlebih dahulu baru bisa digunakan dan tentunya membutuhkan waktu serta keahlian yang cukup tinggi untuk hal tersebut.


Masih banyak keluhan yang mungkin dirasakan pengguna ketika menggunakan software spesialis editing video ini, Sebenarnya masih ada satu software lagi yang bisa membantu proses pembuatan video kita jadi lebih mudah tanpa merasa kebingungan lagi. software tersebut bernama PowerPoint, software ini memang sudah dikenal banyak orang sebagai software pengolah data untuk kebutuhan presentasi, tetapi dibalik fungsi utamanya tersebut PowerPoint juga sering digunakan untuk membuat suatu video.


BRIEF (BRIN INSIGHT EVERY FRIDAY) edisi Jumat (11/3) mengangkat tema tentang Bagaimana membuat Video Kreatif Berbasis Power Point, Trisno Utomo Pranata Humas Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang menjadi narasumber pada edisi ini mengatakan bahwa membuat video dengan power  lebih mudah Karena aplikasi ini ringan, sederhana, bersahabat dan multifungsi. Dan setiap PC atau Laptop pasti ada, navigasinya mudah, ouptputnya keren dan tidak membutuhkan spesifikasi tinggi serta mempersingkat waktu.


“Meskipun aplikasi ini tergolong sederhana namun terkadang kita juga menemui hambatan dalam penggunaanya biasanya kita terkendala karena belum banyak mengetahui dan mengenal tentang kegunaan tools yang ada, sehingga saat membuat video dengan efek rumit perlu waktu lama untuk mengolahnya, ujar Trisno.


Trisno juga menambahkan pada dasarnya semua aplikasi windows mendukung , tetapi akan lebih maksimal jika kita menggunakan powerpoint versi terbaru tentunya akan sangat lebih mudah dan cepat dalam proses pembuatan videonya. Diakhir paparannya Trisno memberikan tips agar kita lebih memahami penggunaan aplikasi power point dalam belajar membuat video atau desain lainnya, intinya kita harus banyak mengasah kemampuan, terus belajar mengoptimalkan tools yang ada, mengikuti tutorial yang banyak tersebar di Youtube serta mengikut akun Instagram yang banyak memberikan kiat-kiat dan ilmu baru dalam membuat desain, videografis dan animasi melalui power point ini, pungkas Trisno. (REM/edt.cj)