• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 380 ) Nov 17, 2021

Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Pamerkan Inovasi Indonesia di Expo 2021 Dubai


Beberapa kebudayaan Indonesia seperti batik dan Borobudur disajikan dalam bentuk video seni teatrikal di area Yesterday Paviliun Ipada Expo 2020 Dubai. Selain Paviliun yang menampilkan ciri khas dari setiap negara peserta, Expo 2020 Dubai juga mengadakan acara National Day yang diikuti oleh negara-negara peserta dan digelar di area Al Wasl. Indonesia sebagai salah satu peserta mendapat kesempatan untuk menggelar National Day pada 4 November 2021 dan akan dihadiri oleh presiden RI Joko Widodo. Pada  kesempatan  tersebut, tim Indonesia yang diarahkan oleh Wishnutama telah menyiapkan sebuah pertunjukan video mapping secara 360 derajat yang akan menampilkan berbagai kebudayaan Indonesia. Rangkaian acara pada Expo 2020 Dubai, termasuk National Day Indonesia, bisa diakses secara daring di laman expo2020dubai.com pada waktu yang telah dijadwalkan.

Pada Paviliun Indonesia juga terdapat Business Lounge sebagai sarana untuk bertemu dengan negara-negara mitra dan briefing Tim Indonesia. Beranjak dari area Business Lounge, terdapat area Today yang menggambarkan kondisi Indonesia saat ini dari segi kuliner dan budaya, infrastruktur dan industri, ekologi dan pariwisata, serta digital dan ekonomi kreatif. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)  turut berpartisipasi menampilkan video terkait produk inovasi yang sudah diindustrikan seperti pesawat N-219, LRT, dan Saliva, serta video mengenai Kebun Raya untuk menunjukan keanekaragaman hayati dan potensi pariwisata Indonesia.

Memasuki area Tomorrow, pengunjung akan disajikan dengan  suara tayangan interaktif terkait Visi Indonesia 2045 dan  rencana induk Ibu Kota Negara Baru. Pada konten Ibu Kota Negara Baru, dari segi teknologi Indonesia memperkenalkan penggunaan energi terbarukan seperti mobil listrik dan visi sumber daya manusia yang didorong oleh teknologi dan sains. Pada bagian terakhir Main Paviliun Indonesia terdapat layar interaktif yang menampilkan anak-anak Indonesia yang akan menyapa para pengunjung dengan berbagai macam bahasa negara lain.

Dari seluruh area yang ada di Main Paviliun Indonesia, area Yesterday merupakan yang paling ramai dikunjungi dan mendapat banyak pertanyaan tanggapan terkait rempah-rempah khas Indonesia. Area lainnya yang ramai dikunjungi yaitu area Teater, Rolling Exhibition dan Restoran Indonesia yang menjual berbagai makanan khas Indonesia. Pada area Rolling Exhibition diadakan pameran temporer dengan tema “Space” yang menunjukkan beberapa produk inovasi dari BRIN seperti mitigasi bencana melalui satelit, bandar antariksa, dan pesawat nirawak (UAV). Pada area yang sama BRIN juga telah menunjukan beberapa produk inovasi dari Radiofarmaka. Selain dihibur dengan tema yang berbeda setiap minggunya, di area ini pengunjung juga dapat membeli beberapa produk Indonesia seperti batik dan cinderamata.

Expo 2020 Dubai  diselenggarakan di area seluas 430 hektar dan diikuti oleh 196 negara. Paviliun Indonesia sendiri memiliki luas area sekitar 1.800meter persegi. Meskipun diselenggarakan  di masa pandemi Covid-19, Paviliun Indonesia berusaha memberikan pengalaman yang lebih menarik dengan memanfaatkan teknolgi dan multimedia yang interaktif. Keikutsertaan Indonesia pada Expo 2020 Dubai ini diharapkan dapat memberi dampak positif terhadap peningkatan ekonomi Indonesia dengan mempromosikan kebudayaan, kuliner dan produk-produk inovasi unggulan dari Indonesia. Produk-produk yang ditampilkan merupakan produk yang memiliki potensi untuk menarik mitra dari negara lain untuk investasi maupun ikut terlibat dalam pengembangan produk.  Expo 2020 Dubai  juga diharapkan dapat menjadi sarana bagi setiap negara peserta untuk membangun jejaring saling belajar dan mendapat mengembangkan ide-ide baru. (YS/AD/She)