• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 573 ) May 20, 2022

Badan Riset dan Inovasi Nasional Terima Kunjungan Fakultas MIPA Militer Universitas Pertahanan.


BRIN menerima kunjungan Fakultas MIPA Militer Universitas Pertahanan di Kawasan Sains dan Teknologi Puspiptek Serpong, pada Kamis (19/05). Dalam kunjungannya, Fakultas MIPA Militer Unhan yang terdiri dari 53 mahasiswa yang terdiri dari program studi fisika dan matematika didampingi oleh Dekan FMIPA Militer - Dr. Ir. Ence Darmo Jaya Supena, M.Si, serta para dosen.


Pada sambutannya, Dekan FMIPA Militer Unhan menyebutkan bahwa maksud dan tujuan kunjungan mahasiswa prodi fisika dan matematika ke Puspiptek ini adalah untuk memperkenalkan para kadet mahasiswa unhan dengan dunia kerja terutama yang keterkaitan dengan riset yang memiliki korelasi dengan industri pertahanan. Selain itu, kunjungan kali ini pun ditujukan untuk melakukan benchmarking pembangunan dan pengelolaan laboratorium yang akan dikembangkan oleh Unhan.


“Kunjungan ini sekaligus menjadi kesempatan bagi Unhan yang belum memiliki fasilitas riset yang mumpuni untuk melaksanakan praktikum. Sejauh ini praktikum FMIPA militer masih bergantung kepada fasilitas milik IPB dan UI. Ke depannya, kami harapkan dapat memberikan timbal balik yang positif dalam melaksanakan riset dengan para periset BRIN”, ujar Ence.

 


Maksud dan tujuan ini pun disambut baik oleh Kepala Organisasi Riset Nanoteknologi Material, Prof. Dr. Ratno Nuryadi, B.Sci, M.Eng. Ratno menyebutkan bahwa BRIN sangat membutuhkan kolaborasi dengan para mitra.


“Sesuai dengan arahan Bapak Kepala BRIN, adanya program open platform infrastruktur riset seperti laboratorium dan peralatannya akan dapat dipergunakan oleh seluruh mitra BRIN”, ungkap Ratno.


 Lebih lanjut, Ratno menekankan bahwa dalam mempergunakan program open platform infrastruktur riset, mitra yang terdiri dari akademisi, dosen, mahasiswa, pelaku usaha, pelaku industri dapat bekerja sama dengan periset BRIN sehingga program tersebut dapat dimaksimalkan sebaik mungkin dan dapat menghasilkan output riset yang produktif.


Setelah mendapatkan paparan dari para periset BRIN, mahasiswa kemudian diarahkan untuk mengunjungi fasilitas riset BRIN yang terdapat pada Pusat Riset Elektronika, Pusat Riset Fisika Kuantum, serta Pusat Riset Teknologi Pengujian Standarisasi. (Rvld_hms S2)