• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 637 ) Dec 2, 2022

ASN BRIN BerAKHLAK


Jakarta – Humas BRIN, BRIN Insight Every Friday (BRIEF) (2/12) Kembali hadir , mengangkat tema ASN BRIN BerAKHLAK menghadirkan narasumber Koordinator Tata Laksana dan Reformasi Birokrasi Rafika Kurnia Dewi. M.T. Rafika dalam paparannya mengatakan bahwa Tahun lalu Presiden RI meluncurkan budaya kerja BerAKHLAK bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), Dalam melakukan internalisasi budaya kerja baru ini, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) melakukan serangkaian pemetaan kesehatan budaya kerja melalui survei di seluruh Kementerian, Lembaga, Pemerintah Pusat dan Daerah, oleh karena itu diperlukan Pengisian survei Indeks BerAKHLAK hal ini penting dilakukan agar program internalisasi BerAKHLAK tepat sasaran, Ujarnya.

 

Rafika menambahkan Survei budaya kerja yang pertama dilakukan di Indonesia ini, bertujuan untuk mengetahui tingkat kesehatan budaya organisasi di antaranya mengenai implementasi Core Values BerAKHLAK, keselarasan antara nilai pribadi dan organisasi, serta aspirasi pegawai ASN terhadap kondisi budaya kerja yang ideal, BerAKHLAK merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif. Core Values ASN ini adalah sebuah panduan dalam berpikir, berstruktur dan berperilaku. Sedangkan employer branding ASN yaitu bangga melayani bangsa yang berperan sebagai jiwanya, moto, penyemangat. Serta menerangkan bahwa dalam bertugas, ASN ini selalu bangga melayani bangsa.

 

Kegiatan pengisian survei tersebut sudah terlampir dalam Surat Edaran Kementerian PANRB nomor B/96/S.SM.00.00/2022, Di situ tertera Pedoman Pelaksanaan Survei Indeks BerAKHLAK yakni Pengisan Survei Indek BerAKHLAK dilakukan mulai tanggal 29 Agustus hingga 6 Desember 2022 secara bertahap berdasarkan kelompok wilayah; Pegawai yang akan melakukan pengisian survei Indeks BerAKHLAK berstatus sebagai ASN (baik PNS atau PPPK); Seluruh ASN di setiap Instansi Pemerintah harus mengisi survei tersebut; Jadwal pengisian survei dilaksanakan berdasarkan pembagian kelompok.

 

BerAKHLAK sebagai Core Values ASN adalah nilai mutlak yang harus dilaksanakan oleh para ASN di seluruh Indonesia. Sehingga diperlukan adanya panduan perilaku yang memuat penerapan nilai-nilai BerAKHLAK bagi ASN, khususnya di lingkungan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Panduan Perilaku BerAKHLAK ini bertujuan untuk memberikan arah kepada seluruh ASN dalam berperilaku, memberikan pelayanan, maupun melakukan pekerjaannya sehari-sehari. Dengan adanya Panduan Perilaku ini, diharapkan para Aparatur Sipil Negara mampu menanamkan nilai-nilai BerAKHLAK dalam melaksanakan fungsinya sebagai seorang pelaksana kebijakan, pelayan publik, serta perekat dan pemersatu bangsa secara bertanggung jawab dan berintegritas.

 

Menjadi ASN harus memiliki komitmen yang tinggi untuk memberikan pelayanan secara jujur, berintegritas, bertanggung jawab dan tidak menyimpang dari kode etik ASN, oleh karena itu Rafika  berharap agar ASN di lingkungan BRIN dapat segera mengisi Survei budaya kerja tersebut melalui link https://sib.menpan.go.id/ (sj)