• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 737 ) Apr 1, 2022

ASN Ber-AKHLAK Kunci Pelayanan Terbaik Untuk Masyarakat


Jakarta – Humas, Pelayanan publik menjadi suatu tolak ukur kinerja pemerintah yang kasat mata. Masyarakat dapat langsung menilai kinerja pemerintah berdasarkan kualiatas layanan publik yang diterima karena kualitas layanan publik menjadi kepentingan banyak orang dan dampaknya langsung dirasakan masyarakat dari semua kalangan. Keberhasilan dalam membangun kinerja pelayanan publik secara profesional, efektif, dan akuntabel akan mengangkat citra positif pemerintah di mata warga masyarakatnya. 


Badan Riset dan Inovasi Nasional melalui Biro Komunikasi Publik, Umum dan Kesekretariatan (KPUK) kembali menghadirkan BRIN Insight Every Friday (BRIEF) mengangkat tema Pentingnya Manajemen Pelayanan Publik dalam Pemerintahan (01/04). Dalam sambutannya Plt.Kepala Pusyantek Yenni Bakhtiar mengatakan dengan adanya berbagai capaian penghargaan yang diraih oleh Pusyantek dan unit kerja lainnya yang ada di lingkungan BRIN, dapat menjadi motivasi bagi semua untuk berpacu meningkatkan kualitas pelayanan publik , dimana keberhasilan yang telah diraih Pusyantek diperoleh melalui proses perbaikan yang panjang dan berkelanjutan, ujarnya.


Yenni juga menambahkan Keberhasilan dalam membangun kinerja pelayanan publik secara profesional, efektif, dan akuntabel akan mengangkat citra positif pemerintah di mata warga masyarakatnya, itu dibuktikan dengan perolehan penghargaan yang diraih Pusyantek pada 8 Maret 2022 lalu oleh Kementerian PAN RB.


Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) meraih tiga penghargaan penyelenggaraan pelayanan publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB). Ketiga penghargaan tersebut yakni satu penghargaan untuk Pembina pelayanan publik kategori Pelayanan Prima Lingkup Kementerian/Lembaga, dan dua penghargaan untuk Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Sangat Baik lingkup Kementerian/Lembaga.


 Pusyantek memenangkan penghargaan  untuk Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Sangat Baik lingkup Kementerian/Lembaga tahun 2021 setelah melalui proses evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik ini dilakukan terhadap enam aspek yaitu: kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, dan inovasi.


Sementara itu Koordinator Bidang Manajemen Proyek Pusyantek Mohamad Taufiek dalam paparannya menyampaikan Pusyantek memenangkan penghargaan  untuk Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Sangat Baik lingkup Kementerian/Lembaga tahun 2021 setelah melalui proses evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik ini dilakukan terhadap enam aspek yaitu: kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, dan inovasi.



Taufik menambahkan bahwa untuk melayani masyarakat hal ini merupakan tanggung jawab seluruh ASN, keenam aspek penilaian sesungguhnya melekat pada setiap diri pribadi ASN sehingga apabila hal tersebut dipatuhi dan dijalankan, peningkatan kualitas pelayanan publik tidak akan menjadi sesuatu yang berat. Dengan semangat yang sama dari setiap unit kerja dalam BRIN, kiranya semua akan bisa mendapat evaluasi dengan predikat pelayanan prima dan yang lebih penting adalah menjadikan budaya AKHLAK sebagai terapan yang telah dilakukan oleh Pusyantek. (jw/edt.cj)