• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 236 ) Jul 23, 2023

Tingkatkan Hasil Riset Optimal, Pusat Riset Antariksa Adakan Monev Program Triwulan II


Bandung - Humas BRIN. Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa (ORPA) BRIN adakan  kegiatan Evaluasi Dalam rangka Monitoring dan Evaluasi (Monev) Program Riset Triwulan II TA 2023 di lingkungan Pusat Riset Antariksa, Badan Riset dan Inovasi Nasional  (BRIN)  kegiatan dilaksanakan Kamis, (13/7) secara daring.


Dalam sambutan  Kepala Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa (ORPA) BRIN Robertus Heru Triharjanto, menyampaikan pentingnya monev dilakukan sehingga dapat dilihat bagaimana progress riset yang sudah dilakukan baik teknis maupun non-teknis. 


Dirinya juga menyampaikan bahwa fungsi dari monitoring dan evaluasi ini terutama adalah untuk menjadi masukan bagi fasilitator riset. “Mengetahui mengenai kendala di dalam proses reset yang dilakukan, seperti misalnya dalam proses pengadaan barang dan jasa atau ada perubahan,” tuturnya.


“BRIN mempunyai skema yang bisa membantu kita baik untuk menghasilkan output riset yang lebih optimal maupun untuk pengembangan kapasitas. Bagi yang sudah S3 dan qualified menjadi promotor DBR maka bisa mengambil bimbingan mahasiswa yang S2 baik dari periset BRIN maupun eksternal lainnya,” ungkap Heru.


Heru menambahkan juga bisa menggunakan beasiswa LPD ke luar negeri sehingga bisa membuka lebih banyak jaringan apalagi untuk riset Antariksa. 


Sementara itu, Kepala Pusat Riset Antariksa (PRA) BRIN Emanuel Sungging menyampaikan terkait kebijakan terkait yang melanjutkan studi baik S2 maupun S3


Selanjutnya paparan dari Ketua Kelompok Riset di Pusat Riset Antariksa. Sebanyak 20 judul riset yang disampaikan pada monev triwulan ke-2 ini mulai dari riset matahari, ionosfer, geomagnet, cuaca Antariksa, dosis radiasi, observatorium nasional, teleskop radio, kecerlangan langit, fotometri sampah Antariksa, dan riset lainnya.  Usai presentasi, Kepala ORPA menutup kegiatan monev (sc, ed. cw/edt.sj)