• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 191 ) Nov 17, 2023

Terima Studi Independen Mahasiswa, BRIN Siapkan Periset Pendamping


Pontianak-Humas BRIN. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Kawasan Pontianak menerima mahasiswa Fakultas MIPA Prodi Fisika Universitas Tanjungpura Pontianak melakukan kegiatan Studi Independen. Kegiatan Studi Independen merupakan salah satu kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diinisiasi oleh Prodi Fisika FMIPA Universitas Tanjungpura Pontianak.


Koordinator Pelaksana Fungsi Layanan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer BRIN Kawasan Pontianak La Ode Muhammad Musafar, S.Si., M.Sc. menyampaikan untuk kegiatan ini dari BRIN menyiapkan lima orang periset/mentor untuk mendampingi mahasiswa selama melakukan Studi Independen di BRIN. Mahasiswa akan didampingi oleh mentor baik saat kunjungan kerja ke lapangan maupun pendampingan di BRIN secara langsung, terangnya saat serah terima mahasiswa pada Selasa (14/11).


Kegiatan Studi Independen diikuti oleh 36 orang mahasiswa Prodi Fisika. Dari 36 orang, mahasiswa dikelompokkan menjadi 5 kelompok dan dibagi menjadi beberapa topik kajian yaitu simulasi efek medan listrik/medan magnet antar planet terhadap perubahan desiminasi plasma pause/ionosfer, dan sistem akuisisi data CO2, dan CO3) analisis data di lahan gambut.


Dalam kesempatan yang sama, Ketua Prodi Fisika FMIPA Universitas Tanjungpura Pontianak, Dr. Azrul Azwar, M.Si, menyampaikan terima kasih kepada BRIN Kawasan Pontianak yang telah menerima mahasiswanya dan memberikan pendampingan dalam kegiatan studi independen ini.


Azrul mengatakan kegiatan studi Independen nantinya dapat dilaksanakan baik secara daring dan luring, ia juga menyampaikan kegiatan Studi Independen ini akan dimulai pada tanggal 15 sampai dengan 8 Desember 2023. (msr)