• (021) 3169010
  • ppid@brin.go.id
Views ( 258 ) Oct 26, 2023

BRIN dan LDE Universities Menggelar Workshop Kolaborasi Penelitian Internasional


Tangerang Selatan - Humas BRIN. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan LDE Universities menggelar workshop penulisan akademik dan pengembangan proposal penelitian , di Hotel Grand Zuri Serpong, Tangerang Selatan, Banten, pada Rabu (25/10). Acara ini menjadi tempat pertemuan antara lembaga penelitian Indonesia dan aliansi akademik Belanda yang prestisius, guna menciptakan kesempatan untuk pertukaran pengetahuan, ide, dan kolaborasi penelitian.


Acara workshop pada hari ini merupakan hari ke-3 dari seluruh rangkaian acara BRIN-LDE Academy 2023, yang berlangsung dari tanggal 23-25 Oktober 2023. Acara yang bertajuk “The Smart, Sustainable, and Healthy City in Indonesia," diselenggarakan bersama oleh BRIN dan LDE Universities Alliance, yang terdiri dari Universitas Leiden, TU-Delft, dan Erasmus dari Belanda, dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Tujuan utama dari acara ini adalah untuk mendorong kolaborasi akademik dan meningkatkan kemampuan penelitian para ilmuwan Indonesia dengan mempromosikan keterampilan penulisan akademik serta memfasilitasi inisiatif kolaborasi riset bersama.


Dalam sambutannya, Kepala Organisasi Riset Ilmu Pengetahuan Sosial dan Humaniora Ahmad Najib Burhani mengapresiasi penyelenggaraan workshop penulisan akademik dan pengembangan proposal penelitian oleh BRIN dan LDE Universities Alliance. Acara ini merupakan langkah maju bagi penelitian dan akademik Indonesia.


" Saya berharap, workshop ini dapat memberikan banyak manfaat, yaitu dapat terjalin kolaborasi untuk menghasilkan publikasi artikel/jurnal atau proposal penelitian. Kolaborasi ini akan memperkuat kapasitas penelitian Indonesia dan meningkatkan kontribusinya bagi ilmu pengetahuan global serta dapat memberikan banyak manfaat, yaitu dapat terjalin kolaborasi untuk menghasilkan publikasi artikel/jurnal atau proposal penelitian.” ujar Najib.


Najib menambahkan dengan adanya workshop ini juga dapat meningkatkan keterampilan penulisan akademik para ilmuwan Indonesia. Hal ini penting untuk meningkatkan kualitas penelitian Indonesia dan meningkatkan peluang untuk menerbitkan hasil penelitian di jurnal internasional terkemuka.


LDE Universities Alliance, yang terkenal dengan reputasi akademik globalnya, membawa pengalaman luas dalam penelitian dan inovasi. Dengan berkolaborasi dengan mereka, BRIN memanfaatkan keahlian dan eksposur institusi Belanda ini untuk mendorong inisiatif penelitian yang inovatif.


Selama workshop berlangsung, para peserta dihimbau untuk membentuk tim lintas disiplin ilmu dan berpikir tentang proyek penelitian potensial seperti subtema : AI in Society and the Emergent Digital Economy, Post-Colonial Urban Heritage and Language Politics, dan Human-Environment Relations and Climate Governance in the City. Proyek-proyek ini tidak hanya akan memajukan pengetahuan akademik, tetapi juga akan mempromosikan aplikasi praktis untuk kesejahteraan masyarakat. Pendekatan kolaboratif antara BRIN dan LDE Universities Alliance diharapkan akan menghasilkan inisiatif penelitian yang menjanjikan dalam berbagai bidang, termasuk teknologi, rekayasa, kesehatan, dan ilmu sosial.


Acara ini menjadi langkah maju bagi penelitian dan akademik Indonesia. Dengan membangun hubungan dengan institusi internasional yang terkenal, Indonesia siap untuk memperkuat kehadirannya dalam penelitian dan inovasi global. Inisiatif ini sejalan dengan ambisi Indonesia untuk menjadikan dirinya sebagai pusat inovasi dan keunggulan penelitian.


BRIN-LDE Academy 2023 menjadi wadah pertukaran pengetahuan dan batu loncatan menuju kolaborasi penelitian inovatif, yang dapat memberikan kontribusi besar bagi masa depan Indonesia dalam penelitian dan inovasi. (sm,ws/sj)